Mo-tau Headline Animator

Mo-tau Headline Animator

Wednesday, August 19, 2009

Parade Kapal sempurnakan acara Sail Bunaken Mando


Sail Bunaken 2009 di Manado, Sulawesi Utara, hari ini akan berakhir. Ajang internasional ini ditutup dengan parade kapal perang atau "Sailing dan Flying Pass" dari 14 negara. Kapal-kapal induk Amerika Serikat mendapat perhatian paling meriah dari pengunjung Sail Bunaken 2009.

Acara Sail Bunaken 2009 hari terakhir dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Widodo Adi Sucipto. Widodo membacakan pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berhalangan hadir. Selain Menkopolhukam, hadir juga Menteri Perhubungan Jusman Syafi`i Djamal, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie, Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi dan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso.

Sail Bunaken 2009 di perairan Manado dan Bitung disebut-sebut sebagai event maritim terbesar abad 21. Sebanyak 25 kapal perang asing dari 14 negara, tiga buah tall ships, 165 buah yacht dan sejumlah kapal perang RI mengikuti acara yang digelar mulai 12 hingga 20 Agustus ini.

Negara-negara yang mengirimkan kapal perang, di antaranya adalah Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Filipina, Inggris, Singapura, Australia dan tuan rumah Indonesia.

Kehadiran kapal-kapal perang dari sejumlah negara dalam acara Sail Bunaken 2009 tidak disia-siakan warga sekitar. Ribuan orang telah berdatangan sejak pagi ke Pelabuhan Samudera Bitung, untuk menyaksikan secara langsung puluhan kapal-kapal perang tersebut.

Tercatat 27 kapal perang asing meramaikan hajatan akbar berskala internasional Sail Bunaken 2009. Australia mengirimkan satu kapal frigate, satu AORH, satu survey dan satu kapal CW. Inggris mengirim satu kapal survey, China dua kapal destroyer, Prancis satu AOR, India satu destroyer dan satu LST, Jepang tiga destroyer, Malaysia satu corvete dan satu tall Ship, Selandia Baru satu kapal AOR.

Pakistan satu kapal fregate, Filipina dua patroli ships, Rusia satu tall ship nadeshda, Singapore satu fregate, Korea Selatan satu mine warship ship, Thailand dua fregate. Dan Amerika Serikat mengirim empat kapal--tiga kapal destroyer dan satu cruiser. Di antara kapal-kapal perang tersebut, terdapat satu kapal induk AS bernama USS George Washington CVN-73.

Sail Bunaken 2009 adalah kegiatan nasional berdimensi internasional dalam rangka membangun rasa Seaman Brotherhood (rasa persaudaraan sesama pelaut) dan mempererat hubungan antara negara.
Foto lainnya..

Comments :

0 comments to “Parade Kapal sempurnakan acara Sail Bunaken Mando”


Post a Comment